MEMBUAT JUS KULIT BUAH MANGGIS

Mengolah kulit buah manggis

jus kulit buah
Paling gampang mengolah kulit buah manggis adalah dengan cara di jus.Namun sayang hasilnya tidak bisa dinikmati oleh semua orang,karena rasanya yang yang sepat dan pahit.Memang bagi orang yang biasa minum jamu tiadak menjadi masalah,tapi bagi orang yang jarang minum jamu rasa sepat itu bisa membuat tidak enak dan enek.
Karena hasil yang tidak memuaskan itu saya browsing kesana kemari mencari info yang bagus,namun caranya sama saja dengan yang saya lakukan.
Kecewa karena belum mendapatkan info yang bagus,ahirnya kembali saya mencoba berinovasi lagi.Kesempatan yang bagus sekarang di tempat saya lagi musim buah manggis dan durian(Palembang)Saya teringat melihat istri saya mengolah daun singkong ,untuk mengurangi rasa pahit pada daun tersebut istri saya menambahkan sedikit garam dapur.
Pertama tentu kulit buah manggis kita pisahkan dari kulit ari yang keras,saya menggunakan sendok saja agar mudah di lakukan.Setelah kulit buah yang bagian dalam saja sudah terkumpul saya rendam sampai tumpukan kulit tersebut terendam semua.Kemudian saya beri dua sendok makan garam dapur dan perasan jeruk nipis,kemudian rendaman tersebut saya biarkan selama satu jam.
Setelah satu jam kemudian saya lihat,permukaan air berwarnah kemerah merahan(tandanya getah sudah keluar)karena getah inilah yang membuat rasa jus menjadi sepat.Saya buang airnya kemudian saya bilas lagi,setelah itu saya mulai memblendernya.
Setelah selesai kulit buah di blender saya rebus hasil tersebut kurang lebih 15 menit(sebaiknya gunakan wadah dari tanah atau kaca,jangan menggunakan wadah dari bahan logam)Setelah itu saya dinginkan,setelah dingin baru saya saring (sebaiknya pakai saringan bukan dari bahan logam)untuk memisahkan ampasnya.Air haril saringan tersebut saya rebus kembali kemudian saya tambahkan gula aren(jumlah sesuai selera saja).Saya merebusnya kurang lebih 15 menit(menurut selera saya kekentalannya sdh cukup.
Setelah selesai semua ,saya dinginkan sebentar,setelah agak dingin kemudian saya mencicipinya.
Wuiih..!!
Saya kaget sendiri ,rasanya seger dan tidak berasa sepat lagi beda sekali dengan yang saya buat tempo hari.
Nah ,sahabat silahkan mencoba resep saya yang baru dan betul betul dari pengalaman saya sendiri,sebagai saran untuk menikmatinya silahkan saja menambahkan sedikit madu dan sedikit perasan jeruk nipis,dijamin ueenak!! Lho.
Satu lagi teman ampasnya tadi saya tidak membuangnya begitu saja,saya taburkan di sekitar perakaran tanaman di halaman rumah saya(saya pikir bisa untuk mengusir busuk akar pada tanaman)
Selamat mencoba!!(post.muhtardy. https://didiopay.wordpress.com)jus

Pos ini dipublikasikan di Budidaya dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

