PELUANG USAHA TERNAK CACING SUTRA

PELUANG USAHA TERNAK CACING SUTRA

Prospek usaha ternak cacing saat ini sangat mengiurkan,seiring maju pesatnya peternak pembibitan ikan konsumsi dan ikan hias.Usaha pembibitan ikan sangat menggantungkan ketersediaan cacing sutra sebagai pakan.Permintaan akan cacing sutra amat tinggi,namun pasokan saat ini hanya mengandalkan tangkapan dari alam.

MENGENAL CACING SUTRA

Cacing sutra termasuk keluarga cacing cacingan[Tubifex sp)memiliki tubuh yang yang halus dan lembut seperti sutra atau rambut.Berwarna kemerah merahan dan hidup berkelompok.Termasuk organisme berkelamin ganda atau Hermaphrodit.Panjang tubuh 1 sampai 2cm.Proses perkembang biakan cacing ini tergolong cepat.

MEDIA BERKEMBANG BIAK

Habitat asli hidup cacing sutra umumnya di perairan dangkal dan mengalir,misalnya selokan tempat pembuangan limbah rumah tangga yang banyak mengandung bahan organic.Pembuatan media bahan organic untuk budidaya gunakan pupuk kandang kering,dedak,atau ampas tahu.Permentasikan dulu media dengan EM4 atau starter pembuat kompos merk lainnya.Setelah media betul betul matang siap di gunakan untuk media budidaya.

PEMBUATAN KOLAM PEMELIHARAAN

Pembuatan kolam sesuaikan dengan ketersediaan lahan dan modal yang kita punya.Secara sederhanapun bisa dilakukan,misalnya dari drum bekas atau terpal plastic.Kreatifitas kita bisa kita terapkan,yang penting bisa menampung media dan tidak bocor.Setelah kolam kita siapkan buatlahsaluran air kekolam dengan menggunakan pipa.Sumber Air sebaiknya dari air sumur.Buatlah air seperti mengalir perlahan ,walaupun tidak terus menerus.
Setelah kolam selesai siap dimasukkan media yang sudah matang,terlebih dahulu media diayak dari kotoran kasar atau sampah.Sebaiknya media dihaluskan terlebih dahulu.Ketebalan media kurang lebih 10cm dari dasar kolam.

BIBIT CACING SUTRA

Setelah media siap dan yakin tidak ada lagi gas atau amoniak(tidak ada gelembung}alirkan air kurang lebih 10cm dari media.Bibit siap di tebar secara merata.Bibit bisa kita beli di pasar ikan hias,atau kita mencari dialiran selokan kecil,dengan cara diserok dengan serokan halus.

PANEN

Setelah dilakukan pemeliharaan,kurang lebih dua (2)bulan cacing sutra sudah bisa dipanen.Panen berikutnya bisa dilakukan dua minggu sekali.Setiap habis panen tambahkan pupuk kandang kering yang sudah di haluskan ke dalam media.
Selamt mencoba semoga sukses.

Pos ini dipublikasikan di Budidaya. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s