BERTANI SECARA …

BERTANI SECARA MODERN DENGAN LAMPU LED.

MEDAN, KOMPAS.com — Untuk membudidayakan hortikultura atau tanaman lain, petani tidak perlu khawatir lagi dengan anomali cuaca atau keterbatasan lahan. Kini, petani dapat memanfaatkan teknologi light emitting diode (LED).

Dengan mengatur panjang gelombang cahaya lampu LED, pemilik kebun bisa mendapatkan pertumbuhan tanaman secara maksimal.

Ini, antara lain, telah dicoba oleh pengusaha Amin M di Medan. Dia melakukan uji coba dengan menggunakan kulkas bekas yang dilengkapi dengan lampu LED dan AC berukuran 1 PK. Dalam kulkas tersebut, dia menaruh polibag berisi tanaman stroberi dan kacang ercis. Hasilnya, kacang ercis tersebut tumbuh dua kali lebih cepat dibanding kacang ercis yang diletakkan di halaman rumah.

Dalam kurun tiga hari, ercis tersebut tumbuh hingga 12 cm. “Kalau ditanam biasa di halaman rumah, paling baru tumbuh 5 cm atau 6 cm,” kata Wakil Ketua Bidang Kebijakan Pemerintah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Medan Elianor Sembiring, Kamis (19/7/2012) di Medan.

Elianor mengatakan, terobosan teknologi ini mampu menyiasati perubahan iklim dan keterbatasan lahan. Warga tetap bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran meskipun terjadi anomali cuaca.

Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Sainns. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s