BUDIDAYA JAMUR KARDUS

BUDIDAYA JAMUR KARDUS

Istilah jamur kardus mungkin masih asing ditelinga,atau anda membayangkan hanya sebuah istilah anak-anak yang membuat kreasi jamur dari kardus.Istilah jamur kardus sebenarnya sebutan untuk “jamur merang”yang di budidayakan dengan media dari” kardus”.Umumnya dengan jerami tentu.
Ide awalnya adalah untuk memanfaatkan limbah kardus yang banyak kita jumpai,dan tersedia sepanjang tahun.Lain halnya kalau kita menggunakan media jerami,hanya tersedia setelah panen padi saja.Mendapatkannya pun tentu hanya pada waktu tertentu saja juga jauh dari kota sehingga kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk transfortasi.

MENGENAL JAMUR MERANG

Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Pada tubuh buah jamur merang dewasa, tudung berkembang seperti cawan berwarna coklat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda. Jamur merang yang dijual untuk keperluan konsumsi adalah tubuh buah yang masih muda yang tudungnya belum berkembang. Jamur merang dikenal sebagai warm mushroom, hidup dan mampu bertahan pada suhu yang relatif tinggi, antara 30-38 °C dengan suhu optimum pada 35 °C.

KANDUNGAN GIZI

Kandungan protein jamur cukup tinggi, dalam 100 gr jamur segar terkandung sekitar 3,2 gr protein, jumlah ini akan bertambah menjadi 16 gr jika jamur berada dalam keadaan kering. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi, 51 mg dan 223 mg, dan mengandung 105 kj kalori, dengan kandungan lemak rendah, 0,9 gr.

MANFAAT JAMUR MERANG

-Menurunkan kolesterol darah
-meningkatkan sistim kekebalan tubuh
-mengatasi gangguan pencernaan dan hati
-melancarkan peredaran darah
-menghambat virue HIV-AIDS
-Mengatasi gejala diabet
-mengatasi anemia

TAHAPAN BUDIDAYA

-MEMBUAT KUMBUNG
Pada umumnya kumbung atau rumah jamur terbuat dari bilik bamboo dan atap daun rumbia.Bagian dalam dinding dilapisi plastic atau terpal gunanya untuk menjaga suhu agar stabil di kisran 28oC-35oC.

RAK MEDIA TANAM

Buatlah rak bertingkat untuk memaksimalkan kumbung.Jarak antar tingkat40cm-50cm.jarak antar rak diperkirakan leluasa untuk lalu lalang saat panen.Panjang rak sebaiknya2m saja,untuk memudahkan kita membuat selubung plastic.Masing masing rak kita buatkan selubung dari palstik untuk menjaga suhu tetap hangat28-35Co.

MEDIA TANAM

Tentunya kita mempersiapkan kardus bekas(seperti bekas kardus mie,air mineral,dll)Rendam kardus kedalam bak yang sudah diisi air ,kemudian tambahkan kapurdolomit untuk menetralisir asam.Biarkan selama sehari semalam,kemudian bersihkan dari bekas lem atau lakban.Kemudian potong- menjadi potongan – potongan kecil.Setelah bersih tiriskan dari air sisa rendaman.
Bahan=bahan lain adalah sbb;
-Dedak halus (8kg)
-tepung beras ketan (1/4 kg)
-kapur pertanian (5kg)
-Arang sekam (5kg)
-bonggol pisang kapok atau buncis (5kg)
-Kangkung (10 ikat)
-Pupuk NPK (1/4kg)
-Gula pasir,vit B12 (2 sdm,5btr)

PERSIAPAN TANAM

Kardus yang sudah di sobek sobek tadi rendam lagi dalam air kemudian taburi kapur dan NPK.Kemudian tambahkan sebagian dedak halus,biarkan selama 4 hari.
Setelah 4 hari angkat lalu tiriskan.Rajang rajang bahan bahan seperti:buncis dan kangkung,sambil di semprotkan dengan air yang sudah di campur pupuk.Setelah semua bahan siap tahapan selanjutnya adalah mengatur media kedalam rak yang sudah di siapkan.

CARA MENABURKAN MEDIA TANAM

Taburkan media kardus secara merata dengan ketebalan 5cm,kemudian taburkan potongan bonggol pisang atau buncis.Kemudian taburkan bibit jamur merang yang sudah ditambahkan tepung ketan di sekeliling rak.Setelah itu taburkan buncis sebagian diatasnya taburkan dedak halus kering.Kemudian kembali taburkan potongan kardus dengan merata,kembali ulangi perlakuan diatas.Selanjutnya semprotkan dengan vit B12 yg sdh di tambahkan gula,terahir taburkan merata arang sekam yang di ikuti tutup dengan kertas Koran. Setelah semua tingkat rak selesai tutup rapat secara keseluruhan dengan plastic.

PEMELIHARAAN MASA INKUBASI

Masa inkubasi jamur adalah 5 hari,selama itu pula jaga jangan sampai plastic terbuka dan ruangan jangan sampai sering terbuka.Setelah hari kelima ambil Koran penutup media,kemudian buka plastic selama 1 jam.Pada hari ke 6 buka kembali plastic kemudian semprot dengan air yang sdh di campur tepung ketan.
Tutup kembali plastic,

CARA PANEN

Pada hari kesembilan biasanya jamur sudah mulai tumbuh,esoknya jamur sudah bisa di panen karena sebaiknya jamur di panen masih berbentuk telur atau sebelum payung mekar.Panen bisa dilakukan dengan tangan atau pada jamur yang tumbuh rapat gunakan pisau yg terlebih dulu di bersihkan dengan alcohol.
Nah,teman selamat mencoba dan semoga sukses.
jamur merang

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Budidaya dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s